Cara membuat Podcast

Gitu aja lo ga bisa? hei! Eh tapi kalian mampir kesini kan karena gak bisa ya? Oke kalau gitu lu semua gw bantu.

A. Cara paling simple bikin podcast

1. Nyalain hp lu, masuk ke aplikasi bawaan perekam suara, rekam obrolan lu sesuai dengan tema yang dari awal lu udah mau bawain, lalu upload ke platform podcast yang udah tersedia.


B. Cara ribet bikin podcast tapi bakal keliatan pro

1. Siapin naskah obrolan sesuai tema yang lu mau bawain, entah itu cuma poin-poin penting aja yang ditulis atau emang kalau niat banget pun bisa tulis semua dengan rinci apa yang lu mau omongkan sampai timing letak-letak ketawanya pun udah disiapin

2. Sebelumnya siapin dulu tone untuk opening podcast lu biar lebih keliatan menarik.

3. Rekam semua obrolan lu mau dari aplikasi bawaan perekam suara hp atau laptop, ataupun mau langsung dari aplikasi edit audio yang udah lo install.
Gw saranin biar lebih pro lagi, waktu rekaman lu boleh pakai microphone condenser merek apapun untuk memaksimalkan kualitas audio lu, boleh dari yang harga budget sampai yang mahal sekalian kalau emang lu pada punya modal dan niat banget bikin podcastnya.

4. Edit audio podcast lu di aplikasi audio editor, gw saranin pakai audacity karena aplikasi ini lumayan mudah dioperasikannya dan gretong cuy.

5. Hasil editan lu yang udah selesai dibikin boleh langsung segera di upload di platform podcast yang udah ada. Kayak misal di SoundCloud atau yang lebih gw rekomendasiin itu di Anchor. Karena kalau di aplikasi Anchor, podcast lu bisa kedistribusiin langsung ke platform-platform ternama kayak Spotify, Apple podcast dan platform-platform lainnya, dan yang paling penting sekali lagi itu semua gretong cuy..

Udah deh tinggal konsistensi aja yang lu tekuni sekarang kalau udah bisa bikin tu episode-episode podcast.
Konsisten cuy, bikin maju podcast!

Comments

Popular posts from this blog

Referensi dari gw Podcast Olahraga di Spotify (kartel Box2Box media network)

Rekomendasi Aplikasi Software Edit Audio