Bikin podcast gaada untungnya!




Gw udah pengalaman bikin podcast selama setahun lebih coy, tiap minggu gapernah kelewat untuk bikin satu episode baru buat podcast gw.
menarik sih kalau kita bikin episode dan tiba-tiba ada yang dengerin. Tapi inget, banyak negatifnya kalau lu bikin podcast untuk sekadar iseng doang



 1. Beban Pribadi
Lu dipaksa untuk terus konsisten buat episode tiap minggu bahkan tiap hari hanya untuk menggaet pendengar yang sudah selama ini denger episode podcast lu sebelum-sebelumnya, kalau lu cuma sekadar iseng, ini bakal jadi beban pribadi lu.
Beda lagi kalau lu emang hobi bikin podcast, ini akan jadi tantangan yang menarik buat lo untuk terus mengembangkan podcast lu pribadi untuk lebih maju kedepannya.


 2. Gaada duitnya
Kalau lu cuma sekadar iseng bikin podcast dan lu udah nyari duit dari tu podcast, udah nyerah aja! Podcast gaakan ngasilin duit buat lu yang sekadar iseng, bahkan yang sudah konsisten dan total dalam pembuatan podcast pun masih susah untuk dapet duit dari tu posting podcast tiap minggu, selama setaun, selama dua taun, kalau lu start from zero kayak gw, lu akan berusaha semaksimal mungkin hanya untuk konsisten, enggak deh ngejar ngejar duit yang gak pasti! Ini bukan youtube bosque!

 3. Menemukan kebuntuan
Anak-anak penyiar podcast yang udah menekuni pembuatan episode podcast selama ini pasti sudah pernah ke fase ini coy! Dari mulai ah bosan pendengar segini aja, sampai ah males rekaman mulu ah orang gitu gitu aja kontennya. Banyak orang yang berenti bikin episode podcast setelah hanya membuat beberapa episode di podcast mereka, ya tentu aja itu semua karena mereka sekadar iseng nyobain bikin podcast, konsistensi itu susah, sabar aja coy, gw aja sabar, sekarang, gatau kalau nanti.


Semangat terus para penyiar-penyiar podcast yang sedang bertahan dari kebosanan.

Comments

Popular posts from this blog

Referensi dari gw Podcast Olahraga di Spotify (kartel Box2Box media network)

Rekomendasi Aplikasi Software Edit Audio

Cara membuat Podcast