1. Konsistensi berpodcast #CurhatPodcaster

" Rata-rata penyiar podcast berhenti setelah membuat sekitar tujuh episode podcast "
kata seorang podcaster yang kerja sambilan sebagai pembawa acara di channel youtube.

Kutipan itu menjelaskan bahwa emang yang sangat dibutuhin dari seorang podcaster tuh adalah sebuah daya juang untuk bertahan dalam kebosanan, mempertahankan konsistensi dan mengembangkan podcastnya. Gw sendiri adalah seorang podcaster yang engga atau lebih tepatnya belum menjungjung tinggi kualitas podcast gw melainkan malah lebih fokus kekonsistensian upload episode podcastnya.
Lah terus ngegaet pendengar untuk datang mendengarkan gw ngobrol apa? Entahlah anjir, semenjak gw berkembang dan berpindah dari sebuah platform kecil ke penyebaran di berbagai platform via Anchor, seharusnya nambah dong listeners gw? Enggak! Malah berkurang jir, lu pada keknya kalau punya masa transisi kayak gw sempet off dua bulan dan kembali mengudara dengan hal yang sama kualitas yang sama dan cuma beda di platformnya aja, itu membuat pendengar lu yang dulu kabur kaburan menghilang tau kemana, makanya cukup penting sekali banget banget untuk mengetahui bahwa konsistensi di podcast tuh sangatlah harus dijaga, hilang cuma dua bulan abis lu kayak podcast gw, dan setelah itu gw mulai sedikit sedikit melakukan perubahan, perombakan hingga penambahan announcer yang which is ga terlalu berpengaruh buat podcast gw kala itu, jadi gw terus rombak tuh podcast hingga akhirnya..  masih sama dong, gw masih blank terhadap podcast gw sekarang, tapi yang terpenting gw sampai sekarang masih memperjuangkan konsistensi posting tiap minggu untuk mencegah gw khilaf dan berpikir untuk menutup karya gw di podcast gw ini.

               Gw, 26 may 2019 jam 1 malem.

Comments

Popular posts from this blog

Referensi dari gw Podcast Olahraga di Spotify (kartel Box2Box media network)

Rekomendasi Aplikasi Software Edit Audio

Cara membuat Podcast